Wisata Pantai Rajegwesi

Wisata Pantai Rajegwesi, Banyuwangi

Awal januari 2016 aku berlibur  ke tempat asal orangtuaku yaitu di kota banyuwangi. Aku memiliki nenek , baik ibu dari ayah maupun dari ibuku. Aku berencana untuk tinggal 2 minggu di banyuwangi.

Setelah sampai di banyuwangi aku tinggal shari di rumah nenek dari ibuku. Kemudian besoknya aku dijempput oleh om ku. Rumah om ku lumayan jauh dari rumah nenek. Sekitar 2-3 jam perjalanan. Rumah om ku ini berada di pelosok selatan kota banyuwangi. Pekerjaan om ku sebagai perawat di puskesmas di kecamatan disana.

Sore hari omku datang ke rumah nenek ku. Dia mengendarai motor honda wi tahun 95 an. Kemudian jam 4 sore kita langsung bergegas menuju rumah om ku di daerah sarongan. Sore itu berawan, jadi tidak terlalu panas. Jalur yang kami lalui adalah jalur selatan banyuwangi, terus menuju selatan melewati pantai pulo merah yang terkenal.  Sepanjang perjalanan melintasi desa2 , rumah2 disana banyak ditumbuhi pohon naga. Karena banyuwangi bagian selatan cocok baik cuaca maupun tanah untuk ditanami buah naga.

Sekitar jam 5 sore sudah hamper gelap.karena perbedaan waktu disini lebih cepat 30 menit dari wilayah barat. Kami melintasi hutan karet, yang hamper gelap . keudian hujan turun. Kami pun berhenti kemudian berteduh di gubuk/pos . selain kami ada juga pengendara lain yang berteduh disana. Sekitar 10 menit kemudian kami putuskan untuk melanjutkan perjalanan.

Sekitar jam 7 kami akhirnya sampai dirumah om ku. Kampung om ku ini banyak penduduknya tetapi seppi kalau sudah menjelang malam. Selain itu juga agama di sini majemuk, bermacam2 agama ada disini. Selain itu aku rasa suasana gaib kental disini. Tetapi aku tetap positif, ga pernah berpikiran jelek terhadap tempat dimana aku tinggal untuk beberapa hari ini.

Kemudian aku mandi bersih2 kemudian makan setelah itu aku tidur. Pagi hari jam set 5 pagi , sudah mulai terang disini.tak lupa aku sholat subuh keudian keluar untuk menghirup udara segar disini. Oh ya disni wilayah perbukitan, sebelah utara terdapat bukit yang rimbun memanjang sampai ke timur rumah. Jadi pemandangan yang bagus. Karena jarang sekali aku memlihat pemandangan seperti ini di daerah ku.

Kemudian aku disuruh untuk jalan2 ke pantai. Pantai disni lumayan dekat sekitar 15 menit menggunakan sepedah goes. Tapi cukup 5 menit menggunakan motor. Kamudian aku meminjam motor om ku, walaupun aku baru pertama kali naik motor kopling jadul aku mulai terbiasa. Kemudian aku memacukan motor dengan kecepatan pelan, karena jalan disini lumayan jelek, terlihat sudah bertahun2 tidak diperbaiki. Jalan berupa aspal yang berlubang2. Pemandangan sekitar berupa kebun, sawah yang luas, bukit kecil di sebelah kiri jalan dengan udara yang segar .terdapat  rumah2 yang memiliki gapura, khas agama hindu, dengan sarung bermotif kotak putih yang melingkari patung tersebut. Adajuga masjid disni,.

Setelah 5 menit perjalanan dengan jalan yang grujal grajul banyak bebatuan akhirnya sampai juga aku dipantai rajegwesi. Pantai yang nan sangat indah. Disana sepi  pagi itu. Terlihat batu  besar yang terhepas ombak, kemudian pasir putih kecoklatan disepanjang pantai.

batu yang berada di pinggir pantai. terlihat dari jalan

Karena sudah terang aku terlewat sunrise . aku berpikir besok harus dapat sunrise nih. Keudian aku memarkirkan motor di pinggir pantai. Kemudian berfoto, selfie . setelah puas aku menyalakan motor. Aduh ternyata motornya susah , mana pasirnya dalem. mtornya terjebak pasir laut, sehingga berat didorong. Perlahan aku mendiring sekuat tenaga akhirnya motor pun berhasil pindah ke jalan. Kemudian aku pulang.
pantai rajegwesi pagihari

Sesampai diruah om aku mandi dan bersih2 seperti cuci baju, karena kemarin kena hujan . kemudian tante berangkat  kesekolah karena dia bekerja sebagai guru, sepupu ku yang berangkat sekolah dan disusul om ku yang kerja di puskesmas. Sehingga aku ditinggal sendiri dirumah, ditemani kucing piaraan omku. Untung omku punya wifi sama tv, ga mati gaya gw . karena disni susah sinyal, bahkan aku tidak mendapatkan sinya dihpku samasekali. Karena ada wifi  aku bisa anteng dirumah sendirian.

Sore menjelang, setelah om dan tanteku pulang aku berinisiatif untu bersepedah berkeliling desa. Aku memakai sepeda pancal milik om ku. Aku bersepedah menuju bukit , setelah sampai diujung jalan menuju bukit akupun balik lagi, menuju laut. Sekitar 15 menit kemudian aku sampai dilaut, melihat pemandangan pantai rajegwesi yang sepi, indah sampil menyaksikan sunset di sore itu. Tak lama om dan sepupuku  menyusul dengan sepedea motornya. Karena takut kenapa2 hehe. Akhirnya omku dan aku pun pulang. Jalan yang kami lewati berbeda, melewati jalan kampong yang lumayan bagus.
sepedahan sore2 dipantai rajegwesi

Keesokan hari, sekitar jam setengah 5 pagi , setelah aku melaksanakan kewajibanku, kemudian aku keluar untuk menghirup udara segar dipagi hari. Kemudian aku meminjam motor om ku. Tak lupa aku memansakan motornya sebelum digunakan. Setelah dirasa cukup aku langsung menuju pantai rejegwesi . jalur yang aku pakai yaitu jalan kampung karena jalannya bagus tidak seperti jalan kemaren. Aku melintasi perkampungan warga, tak lupa saling sapa dan senyum . suasana yang sangat berbeda dengan dikota sana.
bukit yang bersebelahan dengan laut selatan

Melintasi pematang sawah, pinggir kebun buah naga, hingga sampai di bukit disni. Aku melihat bukit yang memanjang hingga ke tepi laut. Aku mengikuti ditengah redupnya pagi saat itu. Aku melintasi lahan kosong, kemudian melewati kebun kacang tanah yang ditanam di pinggir laut. Akhirnya aku sampai. Begitu bagus pemandangannya.

kebun kacang tanah disepanjang jalan

suasana pagi di pantai  rajegwesi
        Kemudian aku menuju laut, aku melihat pemandangan laut dengan deburan ombak yang lumayan besar karena berada di pantai selatan. dengan udara pagi yang sejuk . Tak lupa aku berfoto di pantai ini. Kemudian aku melihat seorang bapak2 sekitar 50 tahunan sedang menjaring ikan. Aku mendekati serta menyaksikan ikan yang dia peroleh. Aku melihat lumayan banyak ikan yang didapat, walaupun hanya berupa ikan2 kecil. Kemudian kami saling mengobrol.

bertemu dengan bapak2 yang sedang menjaring ikan
     Aku menceritakan asalku kemudian dimana tinggalku disini, kemudian bapak2 itu pun engan ramahnya menceritakan tentang dia. Dia pun memiliki saudara di daerah jabar sana. Skip skip kemudian aku ditawari ikan, tetapi aku menolak dengan halus.

matahari yang mulai bersinar
     Karena matahari sudah terlihat cukup tinggi akupun pamit kepada bapak2 tersebut. Karena motor yang ku pakai akan digunakan omku untuk bekerja.