Pendakian Gunung Lembu

Purwakarta

Hari itu, hari Minggu , bulan september tahun 2016 yang lalu. Kami berangkat dari karawang pada pukul 5.00 pagi , karena menghindari dari panasnya matahari, selain itu berangkat pagi2 cendeung lebih segar dan sepi dari kendaraan. Aku memacu kendaraan dengan cepat dan hati2. Karena masih gelap dan jalan yang sepi penerangan, tak jarang lubang kami lewati hehe. Jalan curug karawang-purwakarta tempatnya. Setelah sampai di purwakarta, kami melewati jalan pinggiran kota, karena menghindari dari ramainya kendaraan. Waktu itu pukul 06.00 sampai di kota purwakarta.

Kami lanjutkan perjalanan menuju jalan purwakarta-bandung, kami berhenti di tugu sukatani, pukul 06.30. kami masuk kedalam melewati pasar sukatani. Kemudian kami menelusuri jalan perkampungan, yang jalanya lumayan bagus, beraspal. Kemudian kami melewati jalan perbukitan, Dimana cuaca saat itu mendung, jadi terasa dingin. Jalannya naik ,turun, bekelok-kelok, ditambah suasana yang rimbun banyak pepohonan dikanan kiri, . terasa segar dipagi hari ini.

Setelah 45 menit kami sampai di pintu masuk gunung lembu, kami membayar tiket sebesar 10rb per orang.  Jam 07.30 kami langsung bergegas naik ke atas. Karena saat itu pertamakalinya naik gunung lembu, kami kira perjalanan naik akan memakan waktu lama.

Menyusuri jalan setapak,  melintasi pepohonan yang rindang  menjadikan suasana yang menyegarkan, apalagi waktu pagi2, sekalian olahraga  , menyehatkan ucapku hehe. Jalan yang kami lintasi menanjak, tapi tidak terlalu curam. Kemudian 15 menitan kami berjalan kami sampai di sebuah lapangan yang besar memanjang, terdapat arung, wc, mushola dan pemandangan yang bagus, pemandangan langsung ke waduk jatiluhur. Daerah tersebut terdapat beberapa tenda orang yang camping. Pemandangan cukup apik dari sini. Setelah puas kami lanjutkan perjalanan menuju puncak.
Perjalanan selanjutnya melintasi rumpun bambu, setelah itu kami bertemu dengan warung2 penjual makanan dan minuman. Karena masih pagi dan belum capek kami lanjutkan perjalanan. Jalan selanjutnya berupa tanah yang berbentuk tangga, jalur disini mulai melelahkan, sebentar2 kami mengambil nafas . berlanjut sampai 20 menit hingga sampai kami sampai di puncak . tapi perjalanan belum selesai, gunung lembu ini puncaknya panjang.

Kami berjalan menyusuri jalan  setapak, kanan kiri adalah pemandangan pohon, kadang juga pemandangan waduk dan pemukiman /perkampungan. Setelah 10 menit kemudian kami berjumpa dengan warung. Karena masih kuat kami lanjutkan perjalanan, akhirnya sampai di puncak pertama.
Pemandangan puncak pertama ini sungguh indah, karena pemandangan langsung  menghadap ke waduk jatiluhur, dan seberangnya adalah gunung sanggabuana. Pijakan berupa batu besar yang menonjol diatas gunung kecil ini. Batu yang ukuran luasnya 6*4 meter ini hanya bisa menampung 5-6 orang.

Setelah itu kami lanjutkan ke  puncak 2, jalanya menurun. Ohya kenapa dinamakan gunung lembu? Karena gunungnya menyerupai lembu/sapi. Pada puncak pertama adalah ekornya, keudian memanjang sampai di puncak 1 barusa. Itu adalah punggungnya, dan selanjutnya yang kami tuju adalah kepalanya, karena pada kepalanya ini pemandangan , tempatnya berupa batu besar yang datar dan luas, sehingga pemandangan yang didapat luas.

Setelah menuruni jalanan akhirnya sampai di puncak 2, selama melintas kami juga berjumpa dengan  orang yang sedang camping. Disini terdapat gubuk buat beristirahat serta terdapat warung pula. Selain itu yang membuat kami terkejut adalah banyak monyet dipagi itu,

Akhirnya kami sampai di puncak 2, kami melihat pemandangan waduk jatiluhur, dengan banyak tambak ikan diatasnya. Tak lupa kami mengambil foto untuk mengabadikan memori.

Setelah itu kami lanjutkan untuk makan, kami selalu menyiapkan bekal makan . kami mencari tempat yang bagus, rindang untuk memakan bekal kami. Setelah itu kami makan, detemani monyet2 liar yang sedang mencari makan.  Kami membagikan makanan ke monyet tersebut, dan mereka menyambutnya dengan menbambil makanan tersebut.  monyet2 tersebut terbiasa diberi makan sepertinya, menurut cerita orang disana juga monyet2 tersebut sering mencuri dari para pendaki yang camping di gunung lembu. So jadi berhati2lah ya kawan.

Setelah makan, kami tidur2an . siang itu masih jam setengah 11. Total perjalalan kami hanya sebentar dari bawah sekitar 1 jam 25 menitan.  Kami beristirahat, sambil memandang pemandangan yang indah. Kemudian juga seiring siang pendaki2 mulai berdatangan . disini lumayan ramai. Tepat siang jam 12.30 kami sepakat unutk pulang.

Dipuncak gunung lembu yang panjang, naik turun  jalannya. Sering juga kami bertemu dengan makom, tempat peziarah melakukan ziarah dengan maksud tertentu.  Setelah 30 menit perjalanan, kami sampai di warung dekat dengan tempat camping dibawah, kami memesan es disiang itu, huh terasa segar sekali di siang yang lumayan panas teriknya matahari. Setelah itu kami lanjutkan turun , 10 menit kemudian kami sampai di bawah, tempat pintu masuk. Kami istirahat, ke wc untuk cuci muka serta makan dulu sebelum akhirnya kita pulang .