Pendakian Gunung Ciremai 3078 Mdpl

Via Apuy Majalengka

Hari itu adalah hari jumat tanggal 21 september 2017 kami akan naik , mendaki gunung tertinggi di jawa barat, gunung ciremai via apuy majalengka. Aku dan temanku hanya berdua yang akan mendaki gunung. Kami berangkat dari karawang menggunakan sepeda motor. Motor matic kami pilih karena memiliki ruangan yang lumayan lega ketimbang motor sport. Rute yang aku pilih yaitu rute karawang-curug- purwakarta-sadang-kalijati-cikamurang-cijelag-majalengka- apuy.

Rute yang aku rasa lebih aman dan cepat ketibang lewat jalan pantura. Selain itu jalan ini adalah jalan alternative yang lumayan sepi dan aman dari kendaraan besar. Kalau yang naik mobil juga bisa lewat jalan ini, lebih hemat ketimbang lewat jalur tol cipali yang bisa merogoh kocek 100 rb kalau dari karawang.

Kami berangkat pukul 2.00 siang. Yah hari itu sedang panas2nya. Kenapa kami berangkat siang karena karena temen yang baru pulang pagi karena kerja shift. Selain itu rencana kami akan tidur di pos berod pos awal jalur via apuy untuk istirahat tidur karena perjalanan yang lumayan panjang.  Setelah kami sampai , pukul 7.30 malam kami registrasi, membayar 50rb perorang + makan pas pulangnya. Setelah kami mendaftar kami istirahat dulu tidur. Malam itu lumayan dingin hingga kami menggunakan layer tenda untuk selimut. Padahal kami tidur di bangunan basecamp yang kokoh terhindar dari angina tetep aja dingin banget. Grrr..

Jam 3 pagi kami bangun, terus kami mempersiapkan makan sarapan. Seperti biasa mie goreng adalah menu andalan . kemudian kami melakukan panggilan alam terlebih dahulu hehe demi kenyamanan diperjalanan dan juga sekalian menampung air untuk bekal . jam 4 pagi kami berangkat menuju puncak, sebelumnya kami melakukan pengecekan barang dipos terakhir. Kami berjalan santai ditengah dinginnya pagi kira2 30 menit sampai di pos 1 , pos awal pendakian. Suasananya gelap, sepi . oh ya hari  itu bertepatan hari jumat, makanya tidak ada pendaki yang naik. Kami berdua ditemani lampu senter dan lampu led besar yang menerangi pagi itu.

Perjalanan selanjutnya lumayan terjal, sepanjang perjalanan menuju pos2 banyak tanjakan yang dibantu oleh tali, tapi ini lumayan ringan kok, karena trek selanjutnya tidak terlalu curam sperti ini. 1 jam kemudian kami sapai di pos2. Pagi itu sudah lumayan terang sehingga kami mematikan lampu untuk menghemat.kami melepas jaket, karena badan sudah panas karena aktivitas pendakian. Kemudian kami melanjutkan menuju pos 3. Jalurnya sangat ramah, banyak sekali bonus disini, kami hanya sesekali istirahat sebentar untuk minum atau mengatur mengambil nafas. Selanjutnya sama jalur menuju pos 4. Masih santai dan akhirnya kami sampai di pos5, yaitu pos terakhir untuk mendirikan tenda. Kami sampai disini jam 09.00  lumayan cepat pikirku, hanya 5 jam perjalanan menuju pos5.

Kemudian kami mendirikan tenda. pagi itu cuaca cerah, di pos 5 terdapat banyak sekali tenda, 10 lebih tenda , hingga kami bingung mendirikan tenda dimana. Kemudian kami mencari spot yang berada dibawah pohon, sehingga kami bisa istirahat tanpa kepanasan. Angin disana luayan kencang, kami sesekali kerepotan karena layer tenda copot terbawa angin. Kami lihat penghuni tenda sedang tidur/ istirahat. Karena tadi pagi kecapekan habis summit sunrise. Setelah tenda terpasang kami istirahat minum, tidur untuk memulihkan tenaga.

Tepat siang jam 11.30  kami masak nasi serta lauk jam 12.30 kami makan dan kembali tidur2an. Diluar tenda ramai oleh mereka yang akan turun setelah makan siang.dan akhirnya hanya tinggal tenda kami yang tersisa. Taklama banyak pendaki sampai dipos 5 . kami akan summit jam set2, kami tidak mencari sunrise, tapi mencari sunset. Kami pun beranjak menuju puncak dengan berbekal air masing2 1 botol. 1 snack,2 madu sachet. Jalan dari pos5 hingga menuju puncak adalah jalur yang melelahkan bisa dibilang tingkat kecuramannya gokil bisa bikin kaki kakul . ditambah cuaca saat itu yang terik. 1,5 jam akhirnya kami sampai di goa wallet . kami bertemu dengan pendaki lain yang melewati jalur palutungan.

Kami lanjutkan pendakian , disini Antara pos 6 menuju puncak banyak sekali pohon bunga edelweiss, bisa dibilang ladang tanaman edelweiss, tapi sayangnya hanya beberapa yang berbunga. Aku pertama kali meihat pohon tersebut dari dekat, ternyata pohonnya biasa saja hehe. Cuma karena dilindungi jadi popular. 30 menit kemudian akhirnya sampai di puncak, hanya kami berdua dipuncak. Hoaaaaah akhirnya sampai. Kulihat pemandangan kawah gunung ciremai yang luas serta dalam nya kawah , pemandangan gundukan awan putih besar yang sejajar denganku menjadikan aku terkagum2 serta tidak ingin melewatkan momen ini, kami berfoto bergantian . pemandangan biru langit yang sangat cerah  dan jelas, bentang horizon Antara langit dengan awan sungguh perfect view. Ga nyesel dateng siang, panas2 capek dan semua terbayar ketika sampai dipuncak gunung.

Kemudian kami berjalan menyusuri pinggir kawah menuju puncak tertinggi yang terdapat batu balok. Di lantai kami berpijak banyak sekali ukiran nama orang2. Karena lantai /dinding terdiri dari batuan yang empuk sehingga dapat diukir. Ada adasaja pikirku. Setelah sampai  ternyata sama saja pemandangan yang didapat. Karena sangat luas bibir kawah gn ciremai aku tak sanggup menjelajahi seluruh bibir kawah, padahal ingin melihat sisi utara dan barat daya . tapi apa daya tenaga dan waktu tidak mencukupi.

Karena hari itu sudah sore sekitar jam 5 dan kami lihat pemandangan sunset yang biasa saja. Hanya awan putih besar membubung tinggi dan kadang menutupi matahari  di sebelah barat maka kami putuskan untuk turun karena takut kemaleman. Kami pun pamit duluan kepada orang yang kami temui, mereka bingung mencari jalur via linggarjati. Kami turun dan bertemu bapak2 menuju puncak . weradalah sore2 gini mau keatas, telat pak. Kami lanjut turun hingga akhirnya kita sampai di pos 5 , hanya 1 jam ucapku.

Tak lama adzan maghrib terdengar . yap ternyata sudah penuh tenda di pos 5 ini, puluhan tenda sudah mengisi tempat kosong, bahkan dibelakang pos5 masih terdapat tenda. Malam ini sangat ramai karena ada yang membawa radio + denger murotal wkwk. Keren ga tuh, malam ini dijamin bbas dari gangguan mahluk ghaib wkwk. Kami tidur nyenyak setelah makan, sesekali bangun karena hujan dan juga kedinginan. Pukul 03.00 mulai terdengar ramai orang2 yang akan menuju puncak untuk mengejar sunrise. Karena kami sudah sepakat tidak naik karena capek naik2 kali hehe. Jam set 5 aku keluar untuk mlihat pemandangan sekalian memanaskan tubuh dengan bergerak. Sedangkan temanku hanya tidur2an didalam kedinginan.

Aku keluar minum tolak angin kemudian keatas sedikit mencari view yang bagus untuk melihat lautan awan. 15 menit berjalan akhirnya sampai di ttempat yang menurutku tidak terlalu jauh dan viewnya bagus. Tetapi yang disayangkan matahari berada disisi yang lain. Teapi tak apalah. Aku melihat gunung cikuray yang berbentuk kerucut, dan gunung yang tidak aku kenali. Setelah matahari mulai meninggi aku turun dan temanku sedang masak.

Makan sarapan dengan nasi untuk persiapan turun . kami rencana turun pagi2 agar tidak kepanasan di jalan. Kami selesai akan jam 7.30 kemudian benah tenda selesai jam 08.00 jam 8 kami turun dan pamit . diperjalanan turun disuguhi pemandangan pepohonan, sejuknya udara pegunungan, bunyi kicauan burun, suara hewan .

Sesekali kami berpapasan dengan ranger yang sedang membawa tiang pagar yang katanya untuk dipasang di bibir kawah ciremai. Kuat sekali mereka mengangkut 3 pagar sekaligus dari bawah. Pagar besi yang 1 nya bisa 3kilo lebih.

Kami juga berpapasan dengan orang2 yang naik , mulai dari bule, anak muda, orang tua dan wanita. Karena hari sabtu adalah hari yang tepat untuk berlibur. Tapi pikirku hari sabtu dan minggu adalah waktu yang kurang tepat, karena saat iu sedang ramai2nya orang2 mendaki.

Pukul 9.45 kami sampai di pos 1, karena kami turun tanpa henti/ istirahat makanya cepet sampai hehe. Akhirnya kami sampai di pos pengecekan jam 10.00 pagi, kami diberi sertifikat dan selanjutnya kami makan siang gratis. Kami makan di kantin 9 , dengan lauk telur dadar serta tahu tempe yang sangat nikmat dengan pemandangan bukit yang ditanami tanaman sayuran. Perfect view .

Setelah itu kami bersih2 kemudian jam 11 siang kami langsun cus pulang. Dijalan sangat panas , matahari sedang terik2nya. Akhirnya sampai di kalijati, kami istirahat sebentar minum es kelapa dibawah pohon karet. Nikmatnya. Kami putuskan langsung pulang. Kami sampai jam 4 sore. Perjalanan yang melelahkan