Camping Gunung Bongkok Purwakarta

Camping Gunung Bongkok
Purwakarta

Disore yang berawan aku melajukan motorku di jalan. Kulihat banyak sekali pengendara yang melintasi jalan berbarengan dengan ku. Yap sore ini adalah jam pulang kerja bagi para karyawan yang bekerja di kawasan industry di kotaku. Akhirnya sampailah di rumah bertingkat yang terdiri dari beberapa kamar. Ini adalah rumah kosan temanku. Aku masuk ke dalam dan menaiki tangga Karena kamar teman kosan ku ada di lantai atas.

Saat berada di lantai atas, ternyata teman2ku sudah ada disana, aku dan temanku berjumlah 5 orang rencanca akan hiking dan camping di puncak bongkok. Gunung yang tidak terlalu tinggi hanya 975 mdpl yang cuco sebgai gunung pemula. Tapi jangan tanya treknya seperti apa. Sangat melelahkan karena trek lumayan terjal.

Pukul 04.00 sore kami berangkat menuju purwakarta. Kami jalan beriringan, dijalan pantura ini memang banyak sekali kendaraan besar yang lewat. Belum lagi ditambah macet di lampu merah maupun di kawasan pabrik, jam2nya karyawan pabrik pulang. Kira2 kami sampai di purwakarta jam 5.30 sampai disana disambut hujan  akhirnya kami berhenti di al*ama*t. sekalian minum makan mengisi perut. Setelah hujan berhenti kami lanjutkan jam 6 petang. Kami berjalan melewati bukit , jalan yang gelap berkelok2 ditambah kanan kiri pohon  dan juga cucaca dingin habis diguyur hujan.
45 menit keudian akhirnya kami sampai di pos pendaftaran. Di pos pendaftaran ini kami beristirahat sejenak kemudian mendaftar dengan biaya 12 rb perorang dan juga menitipkan ktp sebagai keamanan.  Sekitar jam 7.30 malam kami pun berangkat menuju puncak. Jalanan becek dan belok kami hadapi. Dingin nya malam dikalahkan dengan panas badan yang kami keluarkan karena bergerak, berjalan naik. Keringat pun mulai keluar walaupun keringat dingin hehe. Tapi malah menyegarkan

Di kaki bukit kanan kiri berupa pohon2 bambu , ketika angin berhembus daun2 pohon bamboo akan ikut bergerak . itu yang membuat hawa hawa mistis muncul diantara kami. Tapi kami tau ada yang aneh, ataupun suara aneh cukup dihiraukan saja. 15 menit kemudian kami sampai di hutan2 , pepohonan yang banyak, rimbun. Suasana yang gelap ditambah jalan yang belok karena tanah liat menambah rintangan mala mini. Kami harus focus dan hati hati. Kalau ceoboh kita bisa terpeleset dan menimpa ke teman kami dibawahnya.

Dikegelapan malam aku lihat cahaya berkedip kedip. Karena aku tidak memegang senter  aku melihat dengan indahnya cahaya tersebut. Aku kira itu adalah orang yang sedang main handphone diatas. Tapi aku pikir2 mana ada digunung orang  malem2 main hape? Haha. Terus temen kasih tau bahwa itu adalah kunang2. Baru pertama kali aku melihat kunang-kunang. Cahayanya berwana hijau ada yang kuning. Cahaya tersebut redup tetapi cukup jelas di kgelapan malam.  Kemudian kami lanjutkan perjalanan kami .

Kami berpapasan dengan orang yang sedang naik. Mereka adalah pasangan  yang sedang naik. Yang mau mamingan be2 diatas gunung kayanya mau ena ena haha . kemudian kami naik duluan karena kelihatanya mereka kesulitan karena tas yang mereka bawa besar.  Skitar satu jam  kami masih mendaki belum ada tnda2 sampai di puncak. Sekitar jam 9.15 kami akhirnya sampai diatas, ternyata ada 1 tenda yang berisi 4 orang telah duluan berdiri. Kami bertegur sapa dan selanjutnya kami langsung mendirikan tenda. Di puncak gn bongkok ini tidak terlalu besar, kira2 hanya bisa mendirikan 4 tenda, karena bentuknya panjang dan berupa puncak segitiga. Sehingga kalau mendirikan tenda harus berjajar.

Kemudian setalah itu kami langsung memasak mie, karena terasa lumayan lapar habis mendaki tadi. Setelah kami makan sebagian dari kami langsung tidur. Suara angin yang terkena dedaunan pohon menjadi lagu pengiring tidur kami.  Sbenernya aku tidak tertidur , hanya memejamkan mata dan mengistirahatkan badan.

Sekitar jam 5 kami memutuskan keluar , dan kami menuju puncak yang berjarak dekat. Hanya 3 menit. Setelah kami sampai ternyata sudah ada banyak orang. Banyak orang yang baru sampai di atas, maupun yang sebelumnya telah mendirikan tenda. Kami pun mencari spot yang bagus untuk berfoto2. Peandangan disini yaitu sebelah utara gunung parang, /bukit batu, sebelah barat daya adalah pemandangan waduk jatiluhur.

Sekitar jam 7 an , ketika dirasa cukup , kami kembali ketenda kami.setelah makan kami Kami memberikan waktu buat tidur untuk 2 teman kami . karena sebelumnya mereka begadang. Aku dan temanku pergi keluar untuk melihat2 sekalian mengeksplor sebelah timur kami. Karena sebelah barat adalah puncak yang barusan kami kunjungi. Tak lama keluar aku lihat banyak sekali orang2 berdatangan dari bawah yang sudah sampai di puncak. Tak lama setelah itu aku lihat kabut tebal datang.. yahh kasian mereka jadi ga bisa lihat pemandangan gumamku. Terus aku lanjutkan menuju sebelah timur. Jalanya menurun , tanah yang kupijakan agak licin tetapi karena tidak waspada aku terpeleset sedikit dan aku berpegangan pada pohon . aku tak sampai jatih tapi pohon yang ku pegan berupa pohon yang bercucuk duri banyak sekali.. yaah tangan guee .. ah luka kecil ini. Trus gw lanjut berjalan, disana aku menemukan spot lumayan bagus, tetapi semak2 lumayan  tinggi. Aku lihat kebawah yaitu pemandangan  yang kalau tidak tertutup kabut yaitu pemandangan desa dan waduk jatiluhur. Taku dan temanku membuat tempat duduk berupa batang kayu yang sedang yang roboh di sangkutkan ke tanaman . pohon kecil.

Sekitar jam 10 an kami kembali ke tenda kami, karena kabut tak kunjung hilang dan hujan rintik2 pun mulai muncul. Setelah nya hujan reda kami putuskan utuk pulang. Teman kami yang lagi tidur ikut dibangunkan. Setelah itu kita packing, bagi tugas agar cepat selesai.kira2 jam 10 kami pun turun , kami lihat banyak juga pengunjung gn bongkok ini, yah pada hari itu hari minggu.mulai dari anak2 hingga orang dewasa pun tidak surut untuk mencapai puncak gungung.

Kira2 jam 11 siang kami pun sampai bawah, kami kepos registrasi untuk mengambil ktp yang dititipkan. Setelah beristirahat kami pun langsung pulang ja 12 siang. Hari itu sedang berawan, syukurlah jadi tidak terlalu panas.