Pendakian Gunung Tampomas

Gunung Tampomas

catatan pendakian gn tampomas sumedang jawabarat 18-8-2018

pendakian menuju atap jawabarat belum selesai. kami akan mendaki gunung tampomas yang terletak di kota sumedang jawabarat. gunung ini telihat waktu perjalanan kami menuju gunung ciremai jadi saat itu kami memutuskan untuk menjadi next trip .

sepeti biasa kami menuju kesana naik motor. untuk pagi itu kami menuju gunung tampomas melalui rute karawang-subang-sumedang. kami berangkat subuh2 agar perjalanan santai karena masih lengang kami melalu subang waktu itu melalui kota kemudian menuju jalan naik turun berkelok yang terlihat pgunungan  saat diperbatasan subang sumedang. sebenarnya bisa melewati wanayasa tetapi kami pulang lewat wanayasa. pagi itu penjalanan sangat lancar sejuk dengan beriringan orang lain berkendara beraktivitas dipagi itu.

kami sampai di kebun teh yang kalau ke arah selatan ke subang  ciater kami belok menuju arah sumedang ke arah timur. perjalanan melewati pegunungan dengan sedikit kabut. setelah 3 jam perjalanan kami sampai di sebuah desa karena saat itu kami hanya mengandalkan gmaps. kami istirahat di sebuah mushola dan kami kebingungan, kemudian kami bertanya2 dengan warga sekitar.. akhirnya ketemu tetapi perjalanan masih jauh ternyata.. akhirnya kami sampai di tambang pasir kaki gunung tampomas, kami pun kebingungan akhirnya kami naik motor keatas dengan susah payah dengan terjal jalan berbatu . kami pun menyerah karena disepanjang jalan tidak ada simaksi/pos pendakian. akhirnya kami menaruh tas disemak2 terus turununtuk menyimpan motor .. kami pun menemukan warung untuk menyimpan motor.

kami pun mendaki lagi tetapi walaupun ringan  tetapi lumayan melelahkan karena siang itu cukup panas terik serta berdebu karena berada ditambang pasir jalan yang biasa dilewati truk2 besar. walaupun itu banyak juga pendaki saat itu.

akhirnya kami sampai ditempat menaruh tas dan kami melanjutkan perjalanan. kami meleewati hutan pinus yang dipelihara oleh perhutani yang disadap oleh pekerja untuk diambil minyaknya karena mngandung atsiri/minyak yang bisa dipergunakan untuk industri.

yang aneh di gunung tampomas yaitu tidak ada simaksi/pos pendaftaran jadi kami bisa leluasa walaupun lebih mesti berhati2. jalur pendakian yang lumayan . menghabiskan waktu 4 jam . akhirnya kai sampai di puncak. dipuncak kami bertemu pendaki lain, saling sapa dan kemudian kami membuat tenda.

sore menjelang malam kami bakar2 dan dikejutkan oleh babi hutan yang cukup menggangu. kemudian kami menggantungkan makanan pada pohon serta membuat bising untuk mengusr babi/binatang lain.
dimalam itu kami kedinginan karena tidak membawa sleeping bag wkwk. walaupun sudah biasa seperti digunung cireai tanpa sleepingbag. karena kami sempat meremehkan gunung yg hanya 1700 mdpl ..

dipagi hari kami bangun dan membuat sarapan, kemudian kami berfoto2 menikmati pemandangan

setelah kami berfoto dan menkmati puncak kami makan2 masak dan selanjutnya persiapan untuk turun gunung. jam 8 kami sudah beberes dan langsung turun  dengan hati2 .. setelah sampai di warung dibawah kami membayar sewa parkir motor .. kami bertemu dengan wanita penjaja kepuasan yang sedang mangkal diwarung.. dan ini adalah hal yang lumrah dimana ada tambang /pekerja pria apsti ada bisnis ini..

fyi ternyata beberapa hari setlah pendakian kami di gunung tmapomas terdapat kabar kematian dari 3 orang pemuda pelajar yang hipotermia digunung ini.. sungguh iris sekali