pendakian Gunung Guntur

Gunung Guntur

catatan pendakian gn, guntur garut 17-01-2017

ketika itu pagi hari yang cerah dimana saya dan dede menuju garut tepatnya gn guntur garut kec tarogong kaler menggunakan motor scoopy  milik dede dari karawang menuju garut. rute yg kami lalui berbeda sebelumnya dari perjalanan menuju gunung cikuray, kami melewati jalur utama/ jalur pansel(pantai selatan) yaitu karawang, purwakarta, bandung,garut. kami sudah mempersiapkan seluruhnya dari mulai alat2, tenda, makanan dan lainya dilain hari dengan persiapan yang matang

kami menusuri jalan di pagi buta yang dingin, pastinya saat itu musim hujan pas bulan januari. melewati jalan menanjak masuk hutan di daerah perbatasan purwakarta-bandung  dengan sedikit hujan dan jalan yang licin mengharuskan kami melacu kendaraan tidak terlalu kencang. disana kami melewati jalanberliku ditambah tangan yang mengigil kedinginan. setalah matahari terbit kita masuk di daerah bandung.cuaca mulai terik tak terasa jas hujan yang kami pakai tidak sesuai dengan cuaca yang terik. ah biarin deh..

kemudian melewati jalur perbatasan bandung garut yang terkenal curam dan daerah berliku2 mengharuskan kami berhati2, karena jalur ini berbarengan dengan kendaraan kendaraan besar yng mengangkut barang2dari kota lain . akhirnya dzuhur kami sampai di garut. kami makan dulu di warung padang untuk mengisi perut , mengembalikan tenaga. pada saaat itu cuaca mulai teduh dan gerimis. maka kami pun bergegas untuk menuju pos pendakian.

sampailah kami di pos pendakian. kami mendaftar kemudian memarkirkan kendaraan kemudian menuju gunung guntur pos 1. saya melihat keatas, fyuh semoga kami bisa. saat itu cuaca tambah hujan menjadi2. kami memakai jas hujan sambil menuju pos 1pos pendaftaran. awalnya kami tersesat karena disana jalan dari batu2 yg biasa digunakan untuk mengangkut pasir. oh ya gunung guntur ini adalah gunung purba yg menghasilkan batu2 besar dan pasir yang ditambang oleh perusahaan 2. akhirnya kami sampai di pos 1, denganbadan yg basah sambil hujan2an.

kemudian kami melanjutkan perjalanan dengan basah2 karena hujan menikmati pendakian dengan rasa yang berbeda dari yang biasanya. karena kami biasanya mendaki di musim kemarau yg kering penuh debu. kami meleewati medan bebatuan , memanjat sisi batu dengan hati2karena basah .. akhirnya 3 jam lebih kami tempuh untuk sampai di pos camp..

kami memberi identitas kami untuk diperiksa kemudian kami mendirikan tenda.. pas saat itu musim hujan jadi terdapat sungai yang mengalir airnya cukup melimpah jadi kami capek2 bawa air berat2 diransel wkwk.. yasudah biarlah..

kami pun bergegas mendirikan tenda karena sudah sore , kemudian masak masak, makan habis itu tidur pulas.. kami tidur dengan hawa yang biasa saja karena di ketingian kurang lebih 1000 mdpl. di pagi hari kami bangun dan masak  sarapan makan untuk selanjutnya bergegas. cuaca saat itu kurang bagus karena gerimis. akhirnya kami memaksakan subuh itu di pagi yang gelap untuk menuju puncak gunung guntur,

kami bergegas dengan susah payah karena pendakian ini walaupun kami tidak membawa beban berarti tetapi medan yang kami hadapi adalah batu dan pasir yang dimana tiap kami melangkah lumayan berat. ditambah cuaca yng gerimis.

kadang kami berhenti untuk berteduh dengan ponco yangkubawa. ketika itu jam 7 baru sampai puncak, dan cuacau makin parah jadi kami tidak mendapatkan sunrise, tetapi angin kencang awan tebal hujan yng kami hadapi. kami putuskan untuk ke puncak 2, karena gn guntur terdapat  puncak. dan akrinya kami keatas pun sama angin yang kencang serta hujan . kami pun berfoto2 seadanya

setelah kami rasa cukup kami pun menyudahi di puncak. kami turun dan melihat2 kawah bekas peninggalan meletusnya gunung guntur, dan disana hangat karena saya merasakan di kaki padahal caca diatas angin kencang dan dingin. kami turun dan bertemu dengan pendaki dari jakarta, kp matraman kami pun disuguhi kopi karena saat itu jalur tertutup kabut

setelah kami rasa cukup kami pun memutuskan untuk pamit turun dengan kabut yang masih belum reda. setelah beberapa lama kabut pun menghilang akhirnya kami pun sampai di tenda. kami beristirahat karena lumayan lelah juga ..

istirahat kami terganggu karena adanya sekumpulan anak2 yg baru membangun tenda persis didepan tenda kami. kami pun segera menyudahi pendakian kali ini . kami berbenah diri packing tenda alat2 lainnya dan segera turun ..

ohhya pengaaman yang tak terlupakan yakni pada saat pagi buta pas menuju puncak kami melihat sorot lampu bitu, hijau diatas kami, kami kira itu adalah pendaki lain. pada saat matahari terang kami sampai di puncak kami tidak menemukan siapapun diatas. dan hanya ada kami yang berada dipuncak pagi itu. allahua'lam...