Pendakian Gunung Slamet

catatan pendakian gn. slamet purballingga 9-30-2018

pagi itu seperti biasa kami bersiap2 seperti apayang direncanakan yaitu muncak gn slamet. semua alat2 telah kami persiapkan dengan matang dihari sebelumnya. kami berencana naik motor dari karawang menuju purbalingga jawa tengah. ini adalah perjalanan terjauh yang kami tempuh.

kami berangkat di pagi hari melewati jalur tengah yaitu karawang-subang -sumedang-cirebon-brebes-tegal -purbalingga. kira2 7 jam perjalanan kami tempuh dengan menggunakan motor. pegel2 dah tuh pantat hehehe.. oya btw saya sudah biasa trip jauh via pantura karena sering bolak balik ke ujung pulau jawa jadi saya hapal sedikit banyak pantura. asal jeli melihat plang petunuk arah jalan gmaps bisa gadipakai.

selama diperjalanan tidak ada kendala hanya beberapa titik kemacetan dan mungkin rute menuju basecamp purbalingga yaitu bambangan saja yg mesti dicari menggunakan gmaps. kami mengikuti gmaps dan akhrnya perjalanan 7 jam melelahkan kami sampai. kami solat sebentar cuci muka makan siang kemudian langsung mendaftar  di pos pendakian bambangan.stelah itu kami pun bergegas naik menuju jalur pendakian gunung slamet ini. kami tidak ada lelahnya ya habis perjalanan langsung naik .. edan pokoknya . ibarat masa muda itu ga datang keduakalinya jadi seperti mesin dipacu terus tanpa ada lelahnya. sama seperti waktu pulang hari itu juga kami pulang langsung  hehe..edan edanan dijalan

ketika itu jam setengah 3 sore kami mendaki dengan pelan tapi pasti .. mendaki menikmati hamparan pertanian , pemandangan diatas awan , menatap horison karena di bambangan ini ketinggian hampir 2000 mdpl. sangat tinggi sekali untuk pedesaan yang bisa di capai dengan kendaraan.

ketika itu sore menjela, karena saat itu saya sangat lelah , rencana kita camp di pos 3 tapi kami memutuskan camp di pos 2. kami juga bertemu rombongan dari garut. hampir disetiap pos ada warung penjaja makanan di gn slamet ini.

ke esokan harinya setelah sarapan kami melanjutkan pendakian. perjalanan ini lumayan berat karena beban air yang lumayan serta treknya. butuh waktu 7 jam perjalanan untuk sampai di pos camp terakhir. waktu itu ketika masih muda umur 20an masih kuat2nya tenaga gaada habisnya gatau sekarang kayaknnya udh tua hehe

kami pun camp di pos 7 pos terakhir di gunung slamet. disana ada bberapa pendaki lain yang mendirikan camp. view bambangan ini menghadap barat jadi silau tetapi kalau dipuncak bisa leluasa melihat sunrise dari ufuk timur.

dimalam hari diketinggian 2800mdpl dinginnya luarbiasa, dimana saat itu di bulan agustus dimana suhu lagi dingin2nya. pokoke dinginnya poll sampe tulang. kami terbangun jam 3 subuh menyiapkan minuman hangat manis untuk energi muncak, kemudian menyiapkan senter dan bekal . butuh waktu 3 jam untuk sampai puncak. kita harus berhati2 karena ada batas vegetasi digunung slamet ini yang membedakan tempat ada tanaman dan batu2  pasir untuk mendaki menuju puncak.
kami bertemu rombongan lain  saling berhati2 agar tidak menjatuhkan batu ke bwah selagi menuju ke puncak.

akhinya sekan jam ditempuh dengan tangan menggigil karena mati rasa saking dinginnya suhu udara dipuncak akhirnya sampai dipuncak. saat itu angin luayan bertiup sehingga udara dining menusuk tulang. kamipun duduk sambil ngemil sambil menyaksikan sunrise matarahi yang sangat indah. mahasuci allah yang menciptakan langit dan bumi. lautan awan menghampar dibawah kami menutupi bumi kemudian menyambut matahari untuk muncul hadir seolah memberi sambutan kepada sang matahari.

kemudian kami turun kebawah melihat kawah dari gunung slamet. kawah besar yang mengeluarkan panas uap dari dapur magma itu seolah tida hentinya mengeluarkan energinya dari perut bumi . kami menyaksikan dengan kagum atas kuasanya sang esa maha pencipta.

setelah itu kami pun kembali keatas dan kemudian turun. kami tidak lupa berfoto foto dulu untuk mengabadikan momen yang hanya kami bisa lakukan di satu waktu. yaitu waktu muda.

kemudian kami turun dengan hati hati , pijakan batu pasir membuat kaki terasa lebih lelah karena menopang tubuh menjaga keseimbangan.. kemudian aku duluan dari temanku si dede. aku malah salah memilih jalur . mungkin disini aku pernah sompral akibatnya aku disasarkan  hehe.. tapi dengan metode STOP aku kembali ke atas naik mencari jalan utama dan akrhinrya aku sampai ditenda dengan temanku yang telah menungguku.

dengan perbekalan air yang sangat menipis kami pun tanpa buang waktu sarapan serta istirahat sebentar untuk selanjutnya turun . dan setelah kami hampir sampai di pos pendaftaran kami kehabisan air.. dengan kelelahan badan tergogpoh2 kami berjalan turun kehausan dipanas siang kala itu. setelah sampai dibawah kami pun langsung beli minum dengan memuas2kan minum air hehe. kira2 itu jam 11 siang. kami istirahat sampai jam 1 kemudian bersih 2 terus langsung pulang saat itu juga naik motor. kami memacu moor lewat pantura 6 jam sampai karawang. what a beautifull day travelling. what an experience.